LAPORKAN SITUASI KEDARURATAN DENGAN APLIKASI ANDROID #PMI MRA

Apa itu MRA?

MRA (Mobile Rapid Assessment) adalah aplikasi sederhana berbasis android dan web yang dapat digunakan oleh masyarakat umum serta relawan PMI untuk mengirimkan dan menerima informasi bencana secara “actual, mudah dan cepat”
Apa fungsi MRA?

Dua fungsi utama MRA:

Untuk melaporkan kejadian bencana alam kedaruratan lainnya secara langsung ke Posko PMI Pusat.
Pengguna aplikasi akan selalu menerima update informasi kejadian bencana dan kedaruratan lengkap dengan informasi dampak, kebutuhan, pengungsian, koordinat dan foto.
Siapa pengguna MRA?

Siapa saja yang peduli untuk menginformasikan dan merespon kejadian darurat baik pelajar, mahasiswa, pekerja dan relawan.

Bagaimana cara mengoperasikan MRA?

Download MRA disini atau langsung dari android anda dengan cara jalankan play store atau google play – pilih “cari” – kemudian tulis PMI MRA pada kolom pencarian. Jika sudah ketemu, install MRA di smartphone android anda.

Login: untuk dapat mengakses MRA, di sediakan menu ‘daftar baru’ dan kemudian bisa langsung login.

Laporan Bencana: setelah pengguna meng-klik menu lapor maka secara otomatis GPS akan terhubung untuk mengkonfirmasi koordinat tempat pelaporan,. Selanjutnya silahkan mengisi data sebagai berikut: Umum, Dampak Bencana, Pengungsian, Kebutuhan dan Foto.

Verifikasi Laporan Bencana: Laporan yang anda kirim akan diverifikasi oleh Admin Posko PMI Pusat ke PMI daerah dan pihak terkait. Jika laporan anda benar dan telah di verifikasi maka akan ditandai dengan notifikasi.

Publikasi Laporan: Pengguna juga dapat mengakses informasi bencana yang telah diverifikasi oleh Posko PMI. Dengan meng-klik pada icon laporan bencana yang muncul maka pengguna dapat melihat koordinat, informasi kebencanaan dan foto-foto.

Bagaimana kalau tidak ada sinyal?

TETAP BISA DIGUNAKAN, MESKIPUN OFF-LINE!!!

Pelapor dapat mengisi data laporan seperti biasa. Setelah sampai tahap terakhir dan klik simpan maka semua data laporan bencana yang telah di inputkan akan di masukkan ke halaman draft Laporan. Secara otomatis data akan di upload ketika daerah lokasi pelapor sudah mendapatkan sinyal internet.

Bagaimana Aplikasi MRA untuk kemanusiaan?

Informasi yang akurat, mudah dan cepat akan menyelamatkan banyak jiwa. Masyarakat dapat berperan aktif untuk membantu sesama dengan cara memberikan informasi dengan menggunakan aplikasi MRA. Informasi yang tepat dapat membantu anda dan mereka yang terkena bencana

Laporkan Situasi Kedaruratan dengan Aplikasi Mobile Rapid Assesment PMI

sumber: pmi.or.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar