Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional ; OUR PRINCIPLE IN ACTION

Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah sedunia, yang diperingati setiap tanggal 8 Mei, merupakan perayaan tahunan bagi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Kini sudah 152 tahun lamanya Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah menjalankan tugas kemanusiaan. Dalam menjalankan kegiatan, prinsip-prinsip dasar selalu menjadi panduan tindakan agar senantiasa bekerjasama melayani masyarakat tanpa memandang ras, keyakinan dan warna kulit.

Kemanusiaan adalah ekspresi motivasi kami. Kesamaan mengarahkan cara kami melayani masyarakat yang sangat membutuhkan, sembari menjaga Kenetralan dan Kemandirian kami setiap waktu. Kami dibentuk atas dasar Kesukarelaan. Kesatuan dan Kesemestaan mengjangkari aksi lokal kami dalam solidaritas global. Hal tersebut merupakan prinsip-prinsip dasar yang menjadi identitas gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.

Tepat ditanggal yang sama juga dirayakan lahirnya Prinsip Dasar Gerakan yang tahun ini tepat berusia 50 tahun. Peringatan ke-50 tahun lahirnya Prinsip Dasar Gerakan menjadi momentum yang tepat untuk menegaskan kembali penerapan Prinsip Dasar Gerakan baik pada saat bertugas maupun dalam kegiatan sehari-hari. Dengan tema “Our Principles in Action”, kami juga ingin mengedukasi masyarakat luas khususnya pihak internal agar dapat selalu menerapkan prinsip dengan sebaik-baiknya.

sumber:pmi.or.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar